Belajar Microsoft Office Word 2003 (bagian 1)
Pengenalan Microsoft Office Word 2003
Microsoft office word adalah
nama dari sebuah aplikasi yang dibuat oleh perusahaan software microsoft
yang digunakan untuk membantu manusia dalam mengolah data berupa
surat-menyurat atau dokumen teks. Meskipun tidak sebatas teks yang dapat
dibuat dengan microsoft office word, namun tujuan utama dari aplikasi
ini adalah berbasis teks.
Pada dasarnya tampilan pada semua aplikasi microsoft office seperti
microsoft office excel, microsoft office power point dan microsoft
office access adalah sama.
Pada baris paling atas dikenal dengan nama Title Bar, kemudian yang
bertuliskan menu-menu seperti File, Edit, View, Insert, Format, Tools,
Table, Window dan Help disebut dengan Baris Menu, kemudian yang berada
tepat di bawah Baris Menu itu disebut dengan ToolBar.
Setelah toolbar ada yang disebut ruler line (garis mistar) yang menandakan lebar dan batas kiri (left margin) serta batas kanan (right margin) dan juga tinggi halaman yang terdiri dari top margin (batas atas) dan bottom margin (batas bawah).
Pada lembar putih yang besar adalah merupakan editing window atau jendela editing dimana ruang ini digunakan untuk mengetik dokumen atau file. Dan di bagian bawah lembar kerja terdapat drawing bar atau baris gambar yang berisi komponen-komponen yang dapat digunakan untuk menggambar pada jendela editing.
Yang paling bawah adalah status bar atau baris status yang berfungsi untuk menyampaikan informasi kepada user atau pengguna tentang halaman, posisi kursor, baris dan kolom.
Belajar Microsoft Office Word bagian 2
Menghapus Huruf, Kata dan Kalimat
Menghapus adalah salah satu perintah yang dapat dilakukan pada saat
editing menggunakan Microsoft word, dan akan selalu digunakan dalam
editing Microsoft word.
Perintah menghapus memang sangat mudah akan tetapi apabila tidak
dipelajari dengan benar maka akan mengalamai kesulitan dalam editing
teks/naskah karena biar bagaimanapun perintah menghapus juga sangat
menentukan kecepatan suatu proses editing teks.
Menghapus huruf (character)
Menghapus huruf yang saya maksud di sini adalah perintah menghapus huruf demi huruf dalam editing naskah.
Belajar Ilmu Komputere
adalah tempat belajar yang baik karena selalu menyajikan setiap artikel
dengan bahasa yang sederhana dan mudah di mengerti baik oleh seorang
yang masih sangat awam sekalipun bisa melakukannya dengan bantuan dengan
membaca artikelnya.
Dari naskah di atas perhatikan kata Belajar Ilmu Komputere,
di situ terdapat kelebihan huruf “e” yang diketik pada kata Komputere,
yang seharusnya huruf “e” yang paling akhir adalah tidak ada sehingga
menjadi kata Komputer.
Untuk itu kita harus melakukan penghapusan per huruf, beberapa perintah
per huruf antara lain menggunakan tuts pada keyboard yaitu DEL dan
BackSpace.
DEL (Delete)
Tuts DEL di dalam aplikasi Microsoft office word digunakan untuk
menghapus huruf yang berada disebelah kanan kursor termasuk spasi,
Maksudnya adalah apabila tuts DEL di tekan satu kali maka huruf atau
spasi yang berada di sebelah kanan kursor akan terhapus.
Contohnya kita hapus huruf “e” yang terdapat dalam kata Komputere di atas.
Tempatkan terlebih dahulu kursor tepat pada huruf “e” (dalam
pengelihatan seakan-akan kursor berada di antara huruf “r” dan huruf
“e”) yang terakhir dalam kata Komputere, kemudian tekan tuts atau tombol
DEL satu kali dan perhatikan yang terjadi adalah huruf “e” yang
terakhir dalam kata Komputere akan terhapus sehingga akan menjadi kata Komputer.
BackSpace
BackSpace juga merupakan tuts atau tombol yang dalam Microsoft Office
Word digunakan untuk menghapus per huruf. Berbeda dengan tombol DEL yang
menghapus huruf di sebelah kanan kursor maka tombol BackSpace menghapus
huruf yang berada di sebelah kiri kursor.
Sebagai contohnya coba ketikan kembali huruf “e” yang terakhir dalam kata Komputere
yang telah dihapus tadi kemudian hapus kembali menggunakan tombol
BackSpace, Karena BackSpace menghapus huruf yang berada di sebelah kiri
kursor maka letakan terlebih dahulu kursor di sebelah kanan huruf yang
akan dihapus, dalam hal ini di sebelah kanan huruf “e” yang terakhir
dalam kata Komputer, kemudian tekan tombol/tus BackSpace satu kali saja
maka huruf “e” akan terhapus.
Selain menghapus per huruf tombol DEL dan BackSpace juga bisa digunakan
untuk menghapus per kata, namun bedanya adalah apabila menghapus per
kata, maka tombol DEL maupun BackSpace harus dikombinasikan dengan
tombol lain yaitu tombol CTRL (Control).
Penggunaannya sama dengan menghapus per huruf tadi, jadi apabila ingin
menghapus satu kata di sebelah kanan kursor maka tempatkan dulu kursor
berada disebelah kiri kata yang akan di hapus kemudian tekan tombol CTRL
(tekan dan tahan dan jangan dilepas) kemudian tekan tombol DEL dan
lepas kedua tombol (CTRL dan DEL), Perhatikan yang terjadi, kata yang
berada di sebelah kanan kursor akan terhapus.
Begitu juga dengan menghapus satu kata di sebelah kiri kursor yaitu dengan menggunakan kombinasi tombol CTRL dan BackSpace.
Sedangkan untuk menghapus per kalimat maka kita harus terlebih dahulu
menentukan kalimat yang akan dihapus dengan menandai daerah tersebut
(blok). Nah untuk menandai suatu daerah bisa dilakukan dengan cara
menekan kombinasi tombol SHIFT dengan tombol Panah atau bisa juga
menggunakan mouse yaitu klik tahan dan geser (klik and drag).
Setelah menentukan daerah atau kalimat yang akan dihapus, barulah
saatnya untuk menekan tombol DEL atau BackSpace untuk menghapus kalimat
yang sudah ditentukan/diblok tadi.
Selamat belajar...
Belajar Microsoft Office Word bagian 3
Membuat dokumen baru
Membuat dokumen baru pada microsoft office word atau membuat file baru, bagi yang belum mengenal file silahkan baca di sini.
Cara membuat dokumen baru pada microsoft office word adalah sebagai berikut :
Jalankan Microsoft office word dengan klik Start-All Programs-Microsoft
Office-Microsoft Office Word, sehingga masuk pada lembar kerja microsoft
office word. Lihat gambar berikut
Setelah itu perhatikan pada baris menu yang terdiri dari File, Edit,
View, Insert, Format, Tools, Table, Windows dan Help kesemuanya itu
adalah menu-menu yang dapat digunakan dalam operasi microsoft office
word.
Kali ini karena kita hendak membuat dokumen baru atau File baru maka
logikanya akan kita gunakan menu File. Jadi klik menu File kemudian
pilih New atau bisa juga dilakukan dengan menekan CTRL+N pada keyboard
(tanpa tanda + ya) atau dengan cara klik icon New Blank Document pada
ToolBars.
Setelah
membuat dokumen baru, perhatikan pada baris judul yang menyatakan nama
dokumen saat itu yaitu Document2, jika menekan CTRL+N kembali maka pada
baris Judul ditampilkan nama dokumen baru yaitu Document3 dan
seterusnya.
Nah sekarang bagaimana cara memilih dokumen tertentu untuk mengetik dokumen, misalkan anda ingin mengetik surat penawaran
atau surat keterangan pada document3 maka klik menu Window kemudian
pilih Document3. Selanjutnya anda sudah siap untuk mengetik surat
ataupun apa saja dalam document3. Untuk kembali ke dokumen pertama
(document1) lakukan klik pada menu Window kemudian pilih nama documen
yang hendak di edit.
Setelah mengetik jangan lupa untuk menyimpannya dengan cara klik menu
File-Save As dan ketiklah nama file yang sesuai dengan isi dokumen
tersebut, misalnya surat.doc.
Dalam penulisan nama file tidak harus dilengkapi dengan extensi doc
karena extensi doc ini secara otomatis diberikan oleh microsoft office
word itu sendiri jadi kita hanya mengetik nama file utamanya saja yaitu
surat.
Tips : Supaya semua data yang
tersimpan mudah diingat, buatlah folder-folder baru yang berfungsi
menyimpan file sejenis agar mempermudah dalam proses pencarian bila
dibutuhkan. Bukankah komputer
ini ada untuk membantu mempercepat proses kerja manusia ? Tatalah
dokumen anda dalam folder-folder yang namanya identik dengan isi dari
folder tersebut.
Selamat belajar…
Belajar Microsoft Office Word bagian 4
Dalam melakukan pengetikan di microsoft
office word tidak terlepas dari format pengaturan tata letak teks dalam
satu alinea, untuk itu sekarang kita mempelajari bagaimana cara
mengatur naskah ketikan tersebut.
Ada beberapa mode pengaturan yaitu rata kiri, rata kanan, rata tengah dan rata kiri-kanan.
berikut beberapa contoh format pengaturan teks atau naskah dan cara
memformatnya atau mengaturnya. Untuk mengaturnya harus dilakukan sebelum
mengetik paragraf tersebut agar tidak merepotkan. (bisa juga mengetik
terlebih dahulu baru diatur kemudian tetapi akan menghambat pekerjaan
dalam mengetik naskah).
Contoh Pengaturan naskah rata kiri dalam satu alinea seperti berikut
Untuk pengaturan teks/naskah ketikan selalu berbeda-beda ada yang baris
pertama dalam satu alinea diketik agak menjorok masuk ke dalam
dibandingkan dengan baris-baris berikutnya dalam alinesa tersebut, dan
ada juga yang baris pertama dalam satu alinea atau paragraph diketik
agak keluar dalam alinea atau paragraph tersebut.
Cara mengaturnya adalah klik menu Format kemudian pilih Paragraph
sehingga muncul window paragraph seperti gambar berikut, kemudian pada
tab General-Alignment pilih left untuk pengaturan rata kiri.
Contoh Pengaturan naskah rata kanan dalam satu alinea seperti berikut
Untuk pengaturan teks/naskah ketikan selalu berbeda-beda ada yang baris
pertama dalam satu alinea diketik agak menjorok masuk ke dalam
dibandingkan dengan baris-baris berikutnya dalam alinesa tersebut, dan
ada juga yang baris pertama dalam satu alinea atau paragraph diketik
agak keluar dalam alinea atau paragraph tersebut.
Cara mengaturnya adalah klik menu Format kemudian pilih Paragraph
sehingga muncul window paragraph seperti gambar berikut, kemudian pada
tab General-Alignment pilih Rightt untuk pengaturan rata kanan.
Contoh Pengaturan naskah rata tengah dalam satu alinea seperti berikut
Untuk pengaturan teks/naskah ketikan selalu berbeda-beda ada yang baris
pertama dalam satu alinea diketik agak menjorok masuk ke dalam
dibandingkan dengan baris-baris berikutnya dalam alinesa tersebut, dan
ada juga yang baris pertama dalam satu alinea atau paragraph diketik
agak keluar dalam alinea atau paragraph tersebut.
Cara mengaturnya adalah klik menu Format kemudian pilih Paragraph
sehingga muncul window paragraph seperti gambar berikut, kemudian pada
tab General-Alignment pilih Centered untuk pengaturan rata tengah.
Contoh Pengaturan naskah rata kiri dan kanan dalam satu alinea seperti berikut
Untuk pengaturan teks/naskah ketikan selalu berbeda-beda ada yang baris
pertama dalam satu alinea diketik agak menjorok masuk ke dalam
dibandingkan dengan baris-baris berikutnya dalam alinesa tersebut, dan
ada juga yang baris pertama dalam satu alinea atau paragraph diketik
agak keluar dalam alinea atau paragraph tersebut.
Cara mengaturnya adalah klik menu Format kemudian pilih Paragraph
sehingga muncul window paragraph seperti gambar berikut, kemudian pada
tab General-Alignment pilih Justified untuk pengaturan rata kiri dan
kanan.
Selain menggunakan perintah dari baris menu di atas anda juga bisa
melakukan format paragraf ini melalui toolbar formating seperti yang
terlihat dalam gambar berikut.
Bagian yang sudah saya tandai dengan garis merah adalah toolbar yang dapat digunakan sebagai pengaturan nasakah dalam paragraf.
Klik salah satu format dalam toolbar tersebut sebelum mengetikan naskahnya.
Sekian, dan selamat belajar...
Belajar Microsoft Office Word bagian 5
Format Font
Format font adalah perintah untuk mengatur bentuk huruf, ukuran huruf,
warna huruf dan lain-lain yangberhubungan dengan huruf (font).
Untuk mengatur format font klik menu Format-Font atau menekan tombol
Alt-O-F sehingga muncul jendela Font seperti gambar berikut :
Pada jendela Font terdapat tab Font, Character Spacing dan Text Effect. Font untuk mengatur huruf dan Character Spacing untuk mengatur spasi huruf dan Text Effect untuk mengatur efek dari huruf itu sendiri.
Tab Font
Perhatikan pada tab Font terdapat Font, Font Style, Size, Font Color, Underline Style, Underline Color, Effects dan Preview.
Font sendiri untuk mengubah berbagai jenis huruf yang tersedia pada
Microsoft office word, Font Style untuk menentukan bentuk huruf seperti
Normal (Regular), Tebal (Bold), Miring (Italic), Tebal dan Miring (Bold
Italic), serta pada Size untuk menentukan ukuran daripada huruf itu
sendiri dimulai dari angka paling kecil adalah huruf terkecil dan angka
paling besar adalah huruf paling besar. Silahkan mencoba memilih
berbagai fariasi font dan perhatikan perubahannya pada bagian Preview.
Untuk Font Color digunakan untuk menentukan warna huruf yang akan
diketik dan Underline Style digunakan untuk menentukan bentuk garis
bawah pada kata yang ingin digarisbawahi, demikian juga dengan underline
color.
Tab Character Spacing
Spasi yang dimaksud di sini adalah jarak spasi dari huruf yang satu ke huruf yang lain atau spasi antar huruf.
Pada character spacing terdapat Scale, Spacing, Position dan Preview.
Selain mengatur dengan besar kecilnya ukuran sebuah font pada tab font
di sini juga bisa di atur besar kecilnya sebuah font/huruf dalam sebuah
skala (Scale) persentasi, pilihlah persentasi yang sesuai dan perhatikan
pada bagian preview.
Pada Spacing ada pilihan Normal untuk jarak spasi antar huruf normal,
Expanded untuk merenggangkan jarak antar huruf dan Condensed untuk
mempersempit jarak antar huruf yang satu dengan huruf yang lain. Coba
lakukan pemilihan antara Normal, Expanded dan Condensed dan perhatikan
pada bagian preview.
Tab Text Effect
Pada bagian ini untuk mengatur efek dari huruf itu sendiri dalam bentuk
animasi seperti Latar belakang huruf yang berkedip (Background Blinking)
dan lain-lain.
Selamat mencoba
Belajar Microsoft Office Word Bagian 6
Membuat Tabel pada Microsoft Office Word
Program Aplikasi pembuat tabel yang sangat terkenal adalah Microsoft
Office Excel, namun tidak salahnya jika kita memperlajari juga bagaimana
cara membuat table pada Microsoft office word. Ini karena di dalam
pengetikan naskah atau surat menyurat tidak luput dari ikut sertanya
sebuah table di dalam sebuah file surat.
Berikut ini saya mencoba pembahasan tentang pembuatan table pada
Microsoft office word dengan memanfaatkan template atau dikenal dengan
Table AutoFormat yang sudah disediakan Microsoft office word.
Dengan template/table autoformat tersebut maka kita tidak perlu lagi
membuat garis-gari table ataupun warna-warna table (kecuali menginginkan
warna berbeda), karena semuanya sudah tersimpan dalam template bawaan
Microsoft office word.
Berikut cara membuatnya
Pada baris menu klik menu Table-Insert-Table sehingga muncul jendela Insert Table, lihat gambar di bawah ini, kemudian tentukan jumlah Kolom dan Baris dalam table tersebut misalnya jumlah kolom table adalah 4 kolom dan jumlah baris dalam table tersebut adalah 6 baris. Sehingga pada Number of Columns diisi dengan angka 4 dan number of rows diisi dengan angka 6 seperti terlihat dalam gambar berikut.
Setelah itu klik pada AutoFormat untuk memilih bentuk-bentuk atau format table yang sesuai dengan keinginan kita seperti pada gambar berikut
Dari gambar di atas saya membuat table dengan template/autoformat Table Grid 8. Anda bias mencoba menggantikannya dengan bentuk table lainnya dengan cara klik satu persatu contoh table yang ada.
Belajar Microsoft Office Word bagian 7
Menulis rumus-rumus matematika dalam microsoft office word
Didalam melakukan pengetikan dengan menggunakan microsoft office word
2003 dengan menggunakan objek-objek yang sudah tersedia pada toolbar
namun ada juga dengan cara menambahkan objek lain berupa penulisan
rumus-rumus matematika seperti rumus integral, akar pangkat, himpunan,
gabungan dan masih banyak lagi rumus-rumus yang bisa dituliskan pada
microsoft office word.
Para pengguna komputer
khususnya pengguna microsoft office word yang sudah mahir sudah tidak
bingung lagi melihat penulisan rumus pada microsoft office word seperti
di bawah ini.
Namun bagaimana dengan kita yang masih pemula sebagai pengguna komputer tentu sangat kebingunan dari mana harus memulai mengetikkan rumus seperti di atas.
Untuk itu berikut ini adalah cara menambahkan objek berupa rumus-rumus matematik ke dalam lembar kerja microsoft office word 2003.
Dari menu micrsoft office word 2003 klik pada menu Insert-Object seperti pada gambar berikut ini.
Sehingga ditampilkannya jendela Object seperti dalam gambar di bawah ini, kemudian klik tanda panah ke bawah untuk menemukan dan memilih Microsoft Equation 3.0 dan klik OK
Setelah itu kita akan dimunculkan sebuah jendela sebagai tempat disediakannya objek-objek berupa rumus-rumus yang dapat digunakan serta pada bagian atasnya terdapat sebuah kotak persegi panjang yang berfungsi sebagai tempat pengetikan atau penulisan rumus.
Semua rumus yang henda ditulis harus dituliskan dalam kotak persegi panjang tersebut dan bila sudah selesai silahkan klik 1 kali di luar objek atau tekan tombol Esc pada keyboard.
Bila dalam penulisan rumus terjadi kesalahan maka perlu dilakukan perbaikan atai editing yaitu dengan cara klik dua kali secara cepat (double click) pada objek (rumus) yang sudah dibuatkan sebelumnya.
Selamat belajar...
http://belajar-ilmu-komputer.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar